Pengenalan Lapangan Persekolahan atau disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan dalam mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di lembaga pendidikan. Praktik pembelajaran dilaksanakan oleh mahasiswa/mahasiswi semester 7, yang bergerak di fakultas keguruan. Mahasiswa/mahasiswi tersebut akan diterjunkan langsung dalam suatu instansi/sekolah untuk mengenali lingkungan tersebut, cara mengajarnya dan sebagainya yang berkaitan dengan keguruan. Sehingga mahasiswa/mahasiswi nantinya memenuhi standar mengajar di lembaga pendidikan.

Senin (30/05/2022), UINSA (Universitas Negeri Islam Sunan Ampel) menggelar PLP yang berlokasi di MTsN 2 Sidoarjo. 12 mahasiswa terdiri dari 8 orang prodi bahasa arab dan 4 orang prodi bahasa inggris. Salah satu mahasiswa, Miftahul Hidayah, prodi bahasa arab UINSA. PPL ini sendiri, akan berakhir pada  Kamis (09/06/2022).

Kegiatan yang dilakukan selama minggu pertama adalah pembukaan, observasi lapangan sekolah (seminar). Minggu kedua dilakukan observasi dengan cara wawancara terhadap beberapa waka, dengan mendatangi tempat yang disepakati dan berdasarkan kelompoknya yang terbagi menjadi 3. Tentunya, banyak ilmu yang di dapat saat PLP, karena PLP merupakan praktik awal. Kegiatan tersebut untuk mempersiapkan mereka dalam melaksanakan KKN dan PLP 2 yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan, dengan praktik mengajar siswa secara langsung.

Tindak lanjut PLP 1 adalah PLP 2, dan adanya lowongan tenaga pendidik setelah sarjana. Tujuan dari PLP ini adalah observasi lapangan supaya bisa menyesuaikan mengamati pola dan penyesuaian dalam mengajar dan budayasekolah. Harapan Miftahul Hidayah untuk PPL kedepannya, MTsN 2 Sidoarjo, masih sama, dapat menyambut kegiatan PPL dengan baik.

Penulis dan peliput:  Nabila Khoirunnisa 8G & Luk Luk  Il Auliya Kasanah 8H

Leave a Reply

Your email address will not be published.