Bulan Ramadhan, merupakan bulan suci nan mulia, bulan yang sangat ditunggu umat Islam di dunia. Bulan yang penuh maghfirah (ampunan), dan sekalinya berbuat baik, dilipatkan menjadi 1000 kebaikan. Begitu pula dengan pahala mencari ilmu. Maka dari itu Madrasah kita menyelenggarakan kegiatan tausiah ramadhan yang digelar di aula atas. Kegiatan tersebut bernama “Pondok Ramadhan”, yang dilaksanakan pada Senin-Sabtu (04-10/04/2022) secara tatap muka. Kurang lebih acara ini memakan waktu 2 minggu, yang terbagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 (kelas 7) hari Senin-Selasa,Sesi 2 (kelas 8) hari Rabu-Kamis, dan Sesi 3 (kelas 9) hari Jum’at-Sabtu.

Agenda tausiah ini meliputi : sholat dhuha pukul 07.00- 07.30, dilanjutkan tadarus, penyampaian materi serta praktek seputar thaharah (08.45-09.45), tata cara sholat (09.50-11.00) ditutup dengan penyaluran zakat fitrah pada 14 April 2022. Tahun lalu, pondok ramadhan dilaksanakan dengan menginap di sekolah, sedangkan untuk tahun ini hanya dilaksanakan sampai jam 11.00, dikarenakan masih transisi pandemi.

Pondok ramadhan kali ini tidak lain sebagai sarana guru-guru memantau secara langsung perkembangan siswa MTsN 2 Sidoarjo. Sedangkan pendistribusian zakat yang dilaksanakan pada Kamis, (14/04/2022), ialah mengenalkan kepada siswa-siswi dan keprihatinan baik dari segi moral maupun spritual, agar siswa MTsN 2 Sidoarjo dapat lebih menjaga dan mawas diri. Panitia dari acara ini, terdiri dari 6 guru, Pak Syafiq, Bu Faiz, Bu Sri Harini, Bu Munasiah, Bu Istiadah, dan Bu Dyna. Pendistribusian zakat ini nantinya akan diselesaikan dalam waktu 1 hari jika memungkinkan. 

Siswa yang mendapatkan zakat kurang lebih sekitar 100 siswa. Zakat fitrah tersebut akan di distribusikan kepada para siswa (yang lebih utama), karena pembayaran zakat dari siswa dan akan kembali ke siswa, dan juga akan di distribusikan ke tugang kebun, penjaga sekolah serta  warga sekitar MTsN 2 Sidoarjo.

Pendistribusian zakat kepada mustahik (golongan yang berhak menerima zakat)

Zakat yang diditribusikan berupa beras dengan total berat 3 ton. Meskipun terdapat siswa yang membayar zakat dengan uang, uang tesebut akan ditukar menjadi beras. Adapun golongan yang berhak menerima zakat antara lain: Fakir, miskin, amil, riqab, gharim (orang yang terlilit hutang piutang), fii sabilillah, ibnu sabil. Zakat hanya difokuskan kepada siswa, karena para guru sudah diminta membayar zakat oleh kemenag berupa uang sebesar 40 ribu.

Harapan Bu Istiadah, selaku panitia pondok ramadhan adalah anak-anak lebih mantap dalam mempelajari ilmu keagamaan serta pengamalannya. Sehingga  menjadi anak-anak terdepan dalam ilmu agama, karena para masyarakat mengenal anak MTs, sebagai anak-anak yang ilmu agamanya lebih tinggi, dan lebih diakui oleh masyarakat karena mempunyai ilmu agama yang lebih tinggi. Harapan Pak Syafiq sendiri, selaku panitia pendistribusian zakat, supaya “syi’ar agama lebih kuat, dan dapat membantu mereka yang membutukan”.

Penulis, peliput = M. Atha Herlambang 8A & Nabila Khoirunnisa 8G

Leave a Reply

Your email address will not be published.