Tahun 2022, Penggunaan alat digital seperti gadget, laptop, Tab, kamera, recorder sudah menjadi kebutuhan primer sebagai sarana untuk membuat efisien pekerjaan. Penggunaan perangkat digital sangat mempengaruhi kemajuan proses pembelajaran di sekolah, oleh karena itu MTsN 2 Sidoarjo mulai mengkolaborsaikan pembelajaran digital dengan perangkat mereka saat pertemuan pembelajaran. Tentu saja, kebutuhan mereka dengan perangkat digital bergantung kebijakan setiap guru dan kesepakatan siswa pada sebuah pembelajaran. Praktek ini sangant mendukung kegiatan literasi, selain giat dalam memfilter konten juga kemajuan pembaruan ilmu.

kotak handphone

Selain dampak positif tersebut, banyak dari siswa merasa  yakin membawa Handphone ke madrasah karena sudah tersedianya tempat khusus penitipan Handphone di kantin. Hanphone hanya bisa digunakan apabila guru dan siswa sepakat memakai untuk kebutuhan pembelajaran. Selain itu, pembawaan Handphone secara mandiri untuk mengantisipasi penyitaan Handphone oleh Bimbingan Konseling dan penyalahgunaan Handphone untuk kepentingan selain pembelajaran.

 Satu -satunya pegawai kantin dan penitipan Handphone bernama  Mas Dzikril  menyampaiakn bahwa terdapat biaya layanan Rp 1.000 rupiah. Setelah itu, siswa  akan mendapatkan  kupon nomor untuk urutan peletakan Handphone. Handphone tersebut selanjutnya dimasukan  ke klip plastic  dimasukan ke loker  sesuai identitas kelas. Ketika pagi sebelum jam pembelajaran masuk, mereka menitipkan Handphone di kantin dan mengambil saat jam pembelajaran benar- benar selesai.  Mas Dzikril berkata “Alhamdulillah sudah tertib  walaupun cenderung banyak yang tergesa -gesa saat jam pulang sekolah”, hal tersebut mnghambat ketertiban siswa dan prokes”.

handphone siswa

Mas Dzikril setiap paginya harus menyiapkan loker-loker untuk penyimpanan Handphone supaya mudah dalam memanajemen. Beliau berkomentar positif terkait pembawaan Handphone kemudian dititipkan kepada pegawai sekolah. Di kantin selain itu, kendala terkait penjemputan dan komunikasi orang tua saat pulang sekolah menjadi teratasi.

Penulis dan peliput = Ferdy J (7A)

Leave a Reply

Your email address will not be published.