Sejak dicanangkannya Program Literasi di abupaten Sidoarjo, MTsN 2 Sidoarjo telah memliki beberapa program literas, Program Literasi dilakukan melalui banyak impelemtasi, diantaranya Program Membaca dan Menulis di jam pembelajaran, adanya Majalah Dinding, dan juga adanya Pojok Literasi, penulisan artikel dan buku oleh siswa dan guru. Sebagian dari program-program ini telah dilakukan sejak dua tahun yang lalu. Salah satu yang realisasi program terlaksana pada tahun ini adalah Pojok Literasi. Pojok Literasi adalah tersedianya buku bacaan di setiap kelas atau ruangan. Buku-buku tersebut tertata di pojok-pojok kelas dengan space yang dibuat semenarik mungkin, sehingga siswa dalam kelas tersebut merasa nyaman untuk membaca. Buku dan sumber bacaan pada Pojok Literasi tersebut dibawa oleh para siswa yang ada di kelas tersebut. Pojok Literasi ini bertujuan untuk memberikan bacaan kepada siswa yang mana buku-buku tersebut tidak tersedia di perpustakaan madrasah.

Para siswa nampak antusias dalam mewujudkan Pojok Literasi ini. Menurut Azzam ketua kelas dari kelas 9 I yang berlangganan sebagai pemenang mengatakan bahwa dengan adanya kompetisi ini dia dan teman-teman satu kelas selalu mencari hal baru dan bekerja sama untuk menghias  kelas mereka.

“ Salah satu penilaian yang kita berikan untuk Pojok Literasi ini adalah adanya regulasi peminjaman buku yang konsisten dan tercatat secara rapi pada jurnal buku Pojok Literasi, penilaian yang lain didasarkan pada koleksi buku yang dipunyai kelas dan tentunya kerapian serta keindahan dari Pojok Literasi itu sendiri, karena diharapkan tempat ini menjadi tempat yang nyaman bagi anggota kelas untuk membaca,” jelas Erna Khusnaningsih ketua Tim Litersai madrasah yang juga salah satu juri dari proram ini. MN

Leave a Reply

Your email address will not be published.