Beberapa waktu yang lalu, Ekstra  Pramuka MTsN 2 Sidoarjo mengadakan pelantikan. Pelantikan tersebut terdiri dari pelantikan jabatan dan pelantikan tingkatan. Pelantikan jabatan melantik Pratama Putra dan Pratami Putri, sedangkan pelantikan tingkatan, melantik pramuka penggalang Ramu dan pramuka penggalang Rakit.

“PRATAMA, lebih tepatnya singkatan dari PIMPINAN REGU UTAMA, tingkatan paling kecil dalam struktur pramuka disebut dengan PINRU atau “Pimpinan Regu”, PINRU dari 8 sampai 14 regu dijadikan satu menjadi satu pasukan dan dipimpin dengan yang namanya PRATAMA. Karena satuan pramuka terpisah, oleh sebab itu dilantiklah PRATAMA Putra untuk ketua Putra dan PRATAMI Putri untuk ketua Putri”, ujar Kak Wahyu Aji.

Sedangkan pengertian dari Ramu dan Rakit sendiri adalah Ramu “meramu” atau “mengumpulkan”, meramu ilmu – ilmu yang diberikan oleh pembina. Rakit, pengertian dari rakit adalah merakit, merakit sebuah materi – materi yang di dapat. Pemilihan PRATAMA Putra dan PRATAMI Putri sudah dilakukan dari bulan Agustus lalu.




 

Syarat dasar menjadi PRATAMA Putra dan PRATAMI Putri yakni, kedisiplinan, loyalitas atau keseriusan, kemudian mampu memimpin anggotanya dan bisa menjadi contoh untuk anggotanya. Sedangkan dalam pelantikan Pramuka Penggalang Ramu dan Rakit, terdapat syarat yang namanya SKU (Syarat Kecakapan Umum) untuk meraih agar dapat menjadi pramuka penggalang Ramu dan pramuka penggalang Rakit.

Proses pelaksanaan pelantikan yang jelas yakni, mulai pengucapan Tri Satya, Tri Satya ialah janjinya, dilanjutkan dengan pemasangan tanda kecakapan umum yang dilakukan oleh Kak Anis Budiarti. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses penyiraman bunga. Jumlah anggota yang dilantik menjadi Ramu dan Rakit yaitu, untuk Ramu 15, sedangkan Rakit hanya 3.
Adapun usaha yang dilakukan oleh salah satu anggota pramuka Moch. Sururi Ardan dari kelas 8D atau kerap dipanggil Ardan, yang terpilih menjadi salah satu anggota pramuka penggalang Ramu dan Rakit yakni, memenuhi poin – poin yang ada di SKU sampai selesai, ia juga mengatakan sangat senang dapat terpilih, karena ini merupakan pengalaman pertama nya menjadi pramuka penggalang Ramu. Ia juga termotivasi dan ingin sekali menjadi pramuka Garuda. Saran dari Ardan untuk siswa yang belum terpilih yakni “tetap semangat dan pantang menyerah”, ujarnya. Ia juga berharap agar setelah dilantik menjadi Ramu Rakit dapat memberi tauladan kepada siswa yang belum terpilih.

Peliput dan Penulis = Salsa Billa Dwi Anggraeni 8E & Hannani Azri Arifin 8G

2 thoughts on “Pelantikan Cakap Ramu-Rakit Pramuka”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *